Macam macam hardware komputer, penjelasan dan harga kisaran PC, Motherboar, Processor, VGA, Harddisk, DVD Drive, Printer, Scanner, Flashdisk, USB Modem, Mouse, Keyboard, LCD, Kabel, USB Joystick, dll

MACAM MACAM PRINTER (INKJET LASER DOT MATRIX) & PENJELASANNYA

MACAM MACAM PRINTER (INKJET LASER DOT MATRIX) & PENJELASANNYA


Advertisement
Advertisement
Printer merupakan salah satu hardware komputer pada bagian output device. Printer berfungsi untuk mencetak hasil kerja komputer, hasil kerja komputer ini akan dicetak pada media kertas, atau media yang lainnya. Banyak sekali yang bisa dicetak dengan printer, seperti gambar, foto, screenshot, lembar kerja microsoft word, excel, publisher, dan lain lain, baik dengan menggunakan warna hitam putih maupun full color. Dari waktu ke waktu printer selalu mengalami perkembangan, mulai dari printer dot matrix hingga printer laser.

Printer juga menjadi hardware wajib untuk perkantoran, kantor percetakan, jasa print dokumen, maupun di sekolah dan universitas untuk bisa digunakan mencetak dokumen dokumen penting. Satuan resolusi pada printer biasa disebut dengan DPI (Dot per Inch). Ada beberapa macam macam printer yang biasa dan umum digunakan sampai sekarang.

MACAM MACAM PRINTER YANG BIASA DIGUNAKAN


PRINTER DOT MATRIX

Printer jenis ini merupakan jenis printer “lama”, namun masih banyak digunakan di kantor kantor atau percetakan yang memerlukan carbon copy. Cara kerja printer Dot Matrix ialah dengan mentransfer tinta ke kertas dengan menggunakan pita (seperti pada mesin ketik). Maka dari itu digunakanlah “head” yang berisi sekumpulan jarum matriks. Teknologi printer ini kemudian berkembang dengan ditambahkannya metode Near Letter Quality / NLQ yaitu dengan cara mengulangi transfer tinta pada kertas sebanyak 2 sampai 3 kali, sehingga cetak lebih baik. Hasil cetakan dari jenis Printer Dot Matrix kurang maksimal jika dibandingkan dengan jenis Printer lain.

PRINTER INKJET

Printer Inkjet adalah printer yang banyak digunakan saat ini, cara kerja printer Inkjet ialah dengan menyemprotkan tinta keatas kertas. Dalam menyemprotkan tinta, printer akan mengambil tinta yang tertampung dalam cartridge, dan ia akan menyemprotkan tinta ke kertas melalui lubang mikro. Hasil dari cetakan printer inkjet sangat halus dan bagus untuk digunakan untuk mencetak foto. Ini disebabkan karena butiran tinta yang tersemprot sangat kecil (±1 pikoliter). Ada 4 jenis tinta warna dasar yang digunakan untuk printer Inkjet :
Warna Cyan
Warna Magenta
Warna Kuning
Warna Hitam

Keempat warna tersebut sudah digunakan untuk printer standar, sedangkan untuk printer yang didesain khusus untuk mencetak foto, biasanya akan diberi 2 atau lebih warna tambahan (light cyan light magenta, dll). Ini bertujuan untuk mendapatkan hasil cetakan yang bagus dan mendekati warna asli.

PRINTER LASER

Jika dibandingkan dengan Printer jenis lain, Printer Laser mempunyai harga yang lebih mahal. Printer laser mampu mencetak data dengan menggunakan teknologi laser. Cara kerjanya mirip dengan mesin fotokopi, awalnya printer ini hanya bisa mencetak dengan warna hitam putih, namun setelah berkembangnya Printer laser color, printer ini mampu mencetak dengan warna dan memiliki hasil cetakan yang sangat bagus. Mesin printer ini mampu mencetak hingga 30 lembar permenit.

Itulah informasi seputar macam macam printer dan penjelasannya. Dalam dunia desain grafis dan percetakan, selain printer ada juga beberapa alat percetakan, seperti Image Setter dan Plotter. Untuk mencetak diatas media selain kertas (seperti film, plastik, dll) biasa digunakan Image setter. Sedangkan Plotter digunakan untuk mencetak dengan hasil cetakan yang lebar sampai 2 meter. Plotter memiliki bentuk dan cara kerja yang hampir sama dengan Printer Inkjet.