Macam macam hardware komputer, penjelasan dan harga kisaran PC, Motherboar, Processor, VGA, Harddisk, DVD Drive, Printer, Scanner, Flashdisk, USB Modem, Mouse, Keyboard, LCD, Kabel, USB Joystick, dll

JENIS JENIS MODEM BERDASARKAN ISP DAN CARA KERJA MODEM

JENIS JENIS MODEM BERDASARKAN ISP DAN CARA KERJA MODEM


Advertisement
Advertisement
Jika ingin menjelajah internet (browsing) melalui komputer pastilah diperlukan suatu alat / hardware yang bisa digunakan untuk mengakses internet. Alat untuk mengakses internet ini biasa kita kenal dengan istilah modem. Sebenarnya apa sih modem itu ? Bagaimana cara kerja dan apa saja jenis jenis modem itu ? Modem sebenarnya adalah singkatan dari Modulator Demodulator. Jika modulator bekerja sebagai pengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa yang siap untuk dikirimkan, maka Demulator adalah pemisah sinyal informasi dari sinyal pembawa, sehingga suatu informasi akan bisa diterima dengan baik dan mudah. Dan modem adalah gabungan dari keduanya, sehingga bisa disimpulkan bahwa modem ialah suatu alat komunikasi yang bersifat dua arah.

Saat ini sudah banyak jenis jenis modem yang bisa kita jumpai, dan bisa kita dapatkan dengan mudah dipasaran. Mulai dari modem DSL, Modem Dial UP, Modem Broadband baik GSM dan CDMA, dan lain sebagainya. Jenis jenis modem tersebut mempunyai fungsi yang sama, yang berbeda hanya ISP yang digunakan.

BAGAIMANA CARA KERJA MODEM ?



 USB Modem



Secara garis besar cara kerja modem dalam menghantar informasi adalah sebagai berikut ; Suatu komputer mempunyai data yang berbentuk sinyal digital. Sinyal digital ini kemudian diterima oleh modem, modem mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. . Media untuk menghantarkan sinyal analog bisa dari sambungan telepon atau gelombang radio. Setelah sampai pada modem tujuan sinyal analog diubah lagi menjadi sinyal digital oleh modem dengan tujuan agar bisa diterima oleh komputer. Kecepatan akses data ini biasanya dipengarui oleh berbagai hal, seperti tempat, cuaca, dan kondisi alam. Sedangkan kecepatan akses data modem kita kenal dengan sebutan BPS (bit per second).

JENIS JENIS MODEM


Modem dibagi menjadi beberapa jenis, baik berdasarkan posisi, berdasarkan koneksi, dan berdasarkan ISP yang digunakan.

1. JENIS MODEM BERDASARKAN POSISINYA PADA CPU

Modem jenis ini dibedakan menjadi 2 macam, yakni Modem Internal dan Modem Eksternal. Jika modem Internat berada dalam CPU (Mainboard komputer), maka Modem Eksternal terpisah dan berada di luar CPU. Biasanya modem jenis eksternal dihubungkan ke CPU dengan menggunakan kabel USB ataupun kabel LAN.

2. MODEM BERDASARKAN ISP YANG DIGUNAKAN

Jenis modem berdasarkan ISP yang digunakan dibagi menjadi 5 jenis modem :
Modem Dial-Up : Modem Dial-Up memanfaatkan sambungan telepon umum untuk dapat terkoneksi dengan internet. Cara memasang modem jenis ini hampir sama dengan modem tipe Internal, yakni dengan menggunakan Konektor RJ / Registered Jack (kabel telepon umum).
Modem “Global System for Mobile Communication” / GSM : Modem jenis ini memanfaatkan jalur komunikasi GSM untuk dapat mengakses internet. Modem GSM mempunyai fasilitas 3G, 4G dan HSPA yang membuat transfer data, dan akses komunikasi di Internet semakin cepat.

Modem “Code Division Multiple Acces” CDMA : Modem CDMA memiliki kesamaan dengan modem GSM dalam hal pengaksesan Internet. Modem jenis CDMA ini memanfaatkan jalur komunikasi CDMA. Modem CDMA memiliki teknologi EVDO yang membuat transfer data semakin cepat.
Modem DSL (Digital Subscriber Line) : Modem jenis DSL menggunakan kabel dan jaringan telepon setempat untuk bisa digunakan mengakses internet, kecepatan akses berkisar antara 128 kbps – 24.000 kbps berdasarkan tingkatan dan kualitas teknologi modem itu sendiri.
Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) : Modem ADSL memiliki kecepatan transfer data yang cukup tinggi. Kecepatan transfer data modem jenis ini juga bervariasi dilihat dari jenis router, jenis USD dan beberapa perangkat lain yang mendukung didalamnya.

3. JENIS MODEM BERDASARKAN CARA KONEKSI KE ISP

Berdasarkan cara modem terkoneksi ke ISP (Internet Service Provider), dibedakan menjadi 2 jenis, modem Wireline dan Modem Wireless. Apabila modem Wireline menggunakan kabel untuk terhubung ke ISP, maka modem Wireless tidak menggunakan kabel (nirkabel) untuk dapat terhubung ke ISP. Modem Wireline umumnya menggunakan kabel STP, UTP dan Serat Optik. Jenis modem yang menggunakan kabel diantaranya modem dialup, dsl dan adsl. Sementara, modem wireless menggunakan gelombang elektromagnetik, cahaya dan udara (gelombang radio, bluetooth, infrared, microwave).

Itulah pembahasan tentang jenis jenis modem berdasarkan ISP dan cara kerja modem. Modem Dial-Up sering digunakan pada komputer (PC). Sedangkan modem jenis GSM dan CDMA adalah jenis modem yang biasa digunakan untuk Komputer Notebook dan Laptop, alasan yang paling umum adalah modem GSM / CDMA memiliki ukuran yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana, selain itu modem jenis ini juga sudah didukung oleh hampir semua operator telepon seluler.