Macam macam hardware komputer, penjelasan dan harga kisaran PC, Motherboar, Processor, VGA, Harddisk, DVD Drive, Printer, Scanner, Flashdisk, USB Modem, Mouse, Keyboard, LCD, Kabel, USB Joystick, dll

JENIS JENIS MONITOR KOMPUTER - MONITOR CRT LCD LED

JENIS JENIS MONITOR KOMPUTER - MONITOR CRT LCD LED


Advertisement
Advertisement
Monitor Komputer adalah salah satu hardware komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil data yang diproses oleh komputer. Monitor juga disebut dengan Output Device / Unit Keluaran pada Komputer dan merupakan hardware vital yang harus ada pada komputer. Monitor ini akan menampilkan program komputer yang sedang dijalankan seperti sedang mengetik tulisan, browsing internet, bermain game, mengolah data, dan menjalankan program program komputer tertentu.

Dari waktu ke waktu monitor komputer selalu mengalami perubahan , mulai dalam hal bentuk, ukuran, dan kualitas. Jenis jenis monitor juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

JENIS JENIS MONITOR KOMPUTER


JENIS MONITOR CRT “CATHODE RAY TUBE” (TABUNG)


Monitor jenis ini merupakan monitor generasi pertama dan menggunakan tabung sinar katoda. Tabung sinar katoda sering dipakai pada televisi. Cara kerja monitor ini adalah, bila diberi arus tegangan yang tinggi, maka tabung sinar katoda akan memancarkan elektron, kemudian elektron ini akan menuju layar monitor. Pancaran elektron tersebut akan diatur dan dibuat sedemikian rupa sehingga gambar, video, tulisan, dll bisa dilihat pada monitor.
Istilah “Resolusi” gambar / grafik pada monitor adalah tingkat kepadatan atau kerapat piksel (titik yang bisa menimbulkan warna) pada suatu layar monitor. Resolusi layar monitor juga bervariasi seperti :



  • Monitor MDA : Ini merupakan singkatan dari Monochrome Display Adapter, monitor ini beresolusi 640 x 350, dan hanya bisa menampilkan teks 1 warna saja.

  • Monitor CGA : Singkatan dari Color Graphic Adapter, hadir dengan resolusi layar 320 x 200 pixel dan mampu menyajikan 16 warna.

  • Monitor EGA (Enhanched Graphic Adapter) : Mempunyai resolusi 640 x 350 px dengan 16 warna.

Ketiga jenis monitor diatas sudah tidak dapat kita jumpai sekarang, karena memang sudah tidak diproduksi lagi. Mungkin saat ini yang masih bisa ditemukan adalah Monitor Tabung sekelas VGA yang beresolusi 640 x 480 pixel dengan 256 warna. Teknologi monitor yang baru beresolusi SVGA (Super VGA) 800 X 600 piksel dengan XGA yang mempunya kedalam hingga 16 juta hingga 32 juta warna. Monitor berlayar lebar bisa memiliki resolusi yang lebih besar.
Dahulu, monitor CRT belayar cembung memiliki cacat gambar pada bagian sudut sudutnya, untuk mengatasi hal tersebut dibuatlah monitor CRT dengan layar datar. Dan saat ini mayoritas monitor CRT yang dijual berlayar datar. Ukurannya juga bervariasi, mulai dari 14 inch, 17 inch, 19, inch, 21, inch hingga diatasnya. Layar yang lebih lebar mampu menampilkan gambar dengan baik dan lebih luas. Hal yang penting lainnya adalah bahwa monitor CRT harus memiliki refresh rate yang tinggi, ini untuk menghindari kelelahan pada mata karena terlalu lama menatap monitor. Refresh rate yang paling rendah yang masih nyaman dimata adalah 72 Hz, jika lebih rendah dari itu lebih baik jangan digunakan.

JENIS MONITOR LCD “LIQUID CRYSTAL DISPLAY”


Monitor jenis ini adalah monitor yang paling banyak digunakan saat ini. Teknologi monitor LCD adalah jenis monitor yang sama digunakan pada ponsel. Awalnya monitor LCD kurang begitu dilirik karena belum mampu menampilkan semua spektrum warna.

Namun setelah disempurnakan dengan teknologi TFT (Thin Film Transistor), Plasma, dan LCD active matrix yang mampu menyaingi kualitas monitor CRT, Monitor jenis LCD mulai ramai digunakan.

JENIS MONITOR LED "LIGHT EMITTING DIODE"


Monitor LED sebenarnya memiliki cara kerja dan teknologi yang sama dengan monitor jenis LCD. Secara fisik. monitor LED memiliki bentuk yang lebih ramping dan tipis bila dibandingkan dengan monitor LCD. Monitor LED pada jenis jenis tertentu mempunyai kualitas dan fitur yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan monitor LCD, antara lain, digital touch screen (layar sentuh), TV internet digital, TV tuner digital dll. Perbedaan yang umum antara LED dengan LCD sebenarnya hanya terdapat pada sistem pencahayaan saja. Monitor LED menggunakan LED backlight, sementara LCD menggunakan CCFL Backlight. monitor LED bisa memotong pemakaian daya listrik hingga 70% bila dibandingkan LCD, oleh sebab itu monitor LED memiliki harga yang lebih mahal. Gambar yang dihasilkan monitor jenis LED sangat tajam.

Itulah informasi seputar jenis jenis Monitor komputer, walaupun monitor jenis CRT juga cukup baik dalam menampilkan gambar, tetapi monitor ini dinilai kurang efisien jika dibanding dengan Monitor LED / LCD . Monitor CRT lebih banyak memakan tempat dan lebih banyak memakan daya listrik jika dibanding dengan monitor LCD / LED.