Macam macam hardware komputer, penjelasan dan harga kisaran PC, Motherboar, Processor, VGA, Harddisk, DVD Drive, Printer, Scanner, Flashdisk, USB Modem, Mouse, Keyboard, LCD, Kabel, USB Joystick, dll

BAGAIMANA CARA MEMILIH FLASHDISK YANG BAIK AGAR AWET ?

BAGAIMANA CARA MEMILIH FLASHDISK YANG BAIK AGAR AWET ?


Advertisement
Advertisement
Memilih flashdisk yang baik haruslah menjadi prioritas utama agar flashdisk awet dan tidak cepat mudah rusak. USB Flashdisk adalah sebuah alat penyimpanan data "removable" dan "portable" yang menggunakan konektor USB. Flashdisk merupakan alat penyimpanan data yang sangat digemari jika dibandingkan dengan media penyimpanan lain seperti disket atau cakram CD / DVD. Data data yang ada pada flashdisk bisa dengan mudah dihapus atau dicopy ke perangkat komputer.

Saat ini sudah banyak jenis jenis dan tipe USB Flashdisk dari berbagai merek. Namun bagaimana kekuatan flashdisk flasdisk tersebut bila flashdisk terjatuh, atau masuk air ? Mungkin tidak semua flashdisk yang mempunyai daya tahan yang sama. Sebagai tips cara memilih flashdisk yang baik, mungkin artikel berikut ini akan sedikit membantu bagi anda yang ingin membeli flashdisk agar awet.


TIPS MEMILIH USB FLASHDISK AGAR AWET


1. Casing Flashdisk : Casing Flashdisk harusla terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah panas bila ditancapkan lama pada komputer. Jangan hanya melihat warna atau bentuk yang menarik saja, karena kekuatan casing flashdisk juga menentukan awet atau tidaknya flasdisk tersebut.

2. Penutup Flashdisk : Pilih penutup flashdisk yang menempel langsung kebadan / casing flashdisk. Pastikan juga konektor USB juga tertutup rapat sehingga USB konektor flasdisk tertutup dengan sempurna agar air tidak masuk apabila sewaktu waktu flashdisk terkena air. Penutup yang rapat dan tidak longgar juga diperlukan agar penutup tidak mudah lepas.

3.  Ukuran / Kapasitas Flashdisk : Hal terpenting lainnya adalah kapasitas flashdisk. Pilihlah kapasitas flashdisk yang besar atau sesuai kebutuhan. Memilih kapasitas flashdisk yang besar tentu saja akan bisa menyimpan data lebih banyak.

4. Harga Flashdisk : Jangan tergiur flashdisk murah namun berkapasitas besar. Flashdisk murah berkapasitas besar tidak menjadi keawetan flashdisk. Merk merk flashdisk terkemuka tentu akan memasang harga yang wajar, tentunya lebih bagus daripada merek yang kurang terkenal ataubahkan merk palsu.

5. Kecepatan trasnfer data Flashdisk : Setiap flashdisk memiliki kecepatan transfer yang berbeda-beda, sebaiknya anda mengetahui dan cek dulu kecepatan flashdisk yang ingin dibeli. Anda bisa membaca review atau informasi di Internet yang berkaitan dengan flashdisk yang ingin dibeli. Anda juga bisa melihat kecepatan flasdisk pada situs berikut : www.usbflashspeed.com

6. Pilih flashdisk sesuai kebutuhan : Yang terakhir adalah pilihlah flashdisk sesuai kebutuhan, contohnya bila anda seorang traveller maka pilihlah flashdisk dengan casing yang kuat, anti air dan tahan dalam berbagai kondisi. Casing flashdisk sudah ada yang terbuat dari metal maupun karet yang kuat.

Itulah tips cara memilih flashdisk yang baik agar awet dan tahan lama. Selain ke-6 hal diatas yang perlu diperhatikan adalah cara membedakan flashdisk merk asli dan flashdisk palsu. Salah satu cara untuk mengetahui flashdisk asli ialah terdapat tulisan yang dibuat pada konektor USB Flashdisk.