Macam macam hardware komputer, penjelasan dan harga kisaran PC, Motherboar, Processor, VGA, Harddisk, DVD Drive, Printer, Scanner, Flashdisk, USB Modem, Mouse, Keyboard, LCD, Kabel, USB Joystick, dll

PENGERTIAN USB FLASHDISK DAN BAGIAN BAGIAN FLASHDISK

PENGERTIAN USB FLASHDISK DAN BAGIAN BAGIAN FLASHDISK


Advertisement
Advertisement
USB Flashdisk termasuk dalam media penyimpanan semikonduktor dan bisa menyimpan segala data yang bisa dibaca oleh komputer secara permanen walaupun aliran listrik pada rangkaian flashdisk dimatikan. Flasdisk ini memiliki penghubung ke komputer yang berupa USB yang sudah terintegrasi. Dengan Flashdisk kita bisa menyimpan berbagai file, mulai dari file teks (dokumen), file video, file audio, file image atau progran program lain. Kapasitas penyimpanan dalam USB Flashdisk bervariasi mulai dari 128 MB, 512 MB, 1 GB, 8 GB, 64 GB atau bahkan lebih.

Cara menggunakan Flashdisk cukup mudah, yaitu dalam keadaan komputer standby cukup masukkan / colokkan USB Flashdisk kedalam Port USB pada Komputer, Laptop, atau Notebook. Tunggu beberapa saat sampai komputer mendeteksi adanya hardware baru yang telah ditambahkan.  Beberapa jenis DVD Player juga menyediakan port USB yang bisa memainkan file yang didukung dari Flashdisk.


BAGIAN BAGIAN PADA FLASHDISK




1.  KONEKTOR

Bagian / komponen ini berada pada ujung flashdisk dan berfungsi untuk menghubungkan perangkat flashdisk kedalam komputer melalui Port USB.

2. KONTROLER

Bagian ini biasa disebut juga dengan USB Mass Storage Controller dan berfungsi untuk memproses perintah dari komputer karena bagian ini memiliki ROM dan RAM seperti pada mikroprosesor komputer.

3. OSILATOR KRISTAL

Komponen Osilator Kristal ini bertugas untuk mengatur denyut listrik, frekwensi clock yang dihasilkan adalah 12 MHz. Clock generator sejenis Osilator Kristal ini terdapat pada semua komponen elektro agar bisa terhubung dengan perangkat lainnya.

4. BOARD / PCB

Printed Circuit Board merupakan tempat berdiri semua komponen komponen flashdisk. Bagian ini seperti Motherboard pada CPU komputer.

5. FLASH MEMORY

Bagian ini berfungsi untuk menyimpan semua data data pada flasdisk. Istilah flash digunakan karena teknologi yang digunakan mampu menghapus data yang tersimpan secepat kilat layaknya kamera flash.

Itulah pengertian flashdisk dan bagian bagian pada flashdisk. Bentuk bentuk flashdisk saat ini sudah disesuaikan dengan kegunaan, contohnya flashdisk untuk travel, USB Flashdisk ini dibuat dari material logam dan karet yang anti pecah juga anti air.