Macam macam hardware komputer, penjelasan dan harga kisaran PC, Motherboar, Processor, VGA, Harddisk, DVD Drive, Printer, Scanner, Flashdisk, USB Modem, Mouse, Keyboard, LCD, Kabel, USB Joystick, dll

6 TIPS AGAR KOMPUTER / LAPTOP TIDAK CEPAT PANAS & TETAP AWET

6 TIPS AGAR KOMPUTER / LAPTOP TIDAK CEPAT PANAS & TETAP AWET


Advertisement
Advertisement
Kenapa komputer / laptop cepat panas ketika dipakai ? Sebenarnya hawa panas yang timbul pada saat komputer digunakan adalah hal yang wajar dan lumrah. Ketika komputer dinyalakan, hampir semua komponennya akan menimbulkan hawa panas. Ini dikarenakan semua komponen komputer yang telah teraliri listrik akan bekerja secara bersamaan sehingga memunculkan panas pada komputer Bahkan beberapa diantaranya, seperti prosesor dan graphics card memiliki peningkatan panas yang cepat.


Apabila komputer / laptop anda terlalu cepat panas, tentunya hal tersebut bisa menimbulkan banyak masalah pada perangkat komputer Anda, yang bisa mengakibatkan kerusakan komponen. Oleh sebab itu, jika Anda adalah salah satu yang sedang mengalaminya, beberapa tips komputer agar tidak cepat panas di bawah ini mungkin dapat membantu.


6 TIPS MENGATASI KOMPUTER / LAPTOP YANG CEPAT PANAS




1. MENJAGA VENTILASI UDARA
Satu hal yang bisa Anda lakukan agar komputer tidak cepat panas adalah menyingkirkan benda-benda yang bisa menghalanginya, entah itu bagian belakangnya, samping kanan ataupun kiri. Bahkan jika perlu, Anda bisa menggunakan dudukan CPU yang berongga atau berbentuk jaring.



2. MEMBERSIHKAN CPU KOMPUTER
Udara panas bisa saja bergumul di dalam komputer Anda dan hal tersebut kebanyakan dikarenakan debu yang menumpuk. Selain itu, jaring laba, rambut hewan peliharaan dan debu rokok pun bisa membuat kipas menjadi tersumbat. Oleh sebab itu, wajib bagi Kita untuk rutin membersihkan semua sela-sela yang menjadi laju udara.

Selain membersihkan, Anda juga mungkin harus memindahkan komputer ke tempat yang lebih terbuka dan bebas dari kotoran debu. Bahkan jika perlu, Anda bisa memindahkannya ke tempat yang memiliki arus angin yang lancar dan bersih.



3. MEMBUKA CASING CPU
Salah satu cara lama yang biasa orang-orang lakukan untuk menjadikan CPU komputer Mereka tetap dingin adalah dengan membuka penutup atau body casing. Dengan cara ini udara akan lebih leluasa untuk keluar dan debu tidak lagi menyumbat. Selain itu, udara dari luar pun akan mudah berhembus ke seluruh komponen mesin, sehingga suhu kembali normal.



4. MENGGANTI KIPAS CPU
Baik monitor ataupun CPU, keduanya dapat menimbulkan panas yang dapat membahayakan komponen. Oleh sebab itu, Anda bisa mengandalkan fan atau kipas angin. Khusus untuk monitor, Anda bisa menggunakan kipas angin biasa. Sedangkan untuk CPU, Anda bisa mengganti fan yang ada. Biasanya semakin tua kipas, maka semakin lemah performanya. Oleh sebab itu, menggantinya secara berkala adalah pilihan yang bijak. Selain itu, pilihlah kipas yang memiliki kecepatan yang baik sekaligus stabil. Bahkan jika perlu, pasang 2 kipas angin CPU sekaligus.

Sedangkan untuk laptop, anda bisa menggunakan kipas laptop atau Cooling Pad (Laptop Fan).



5. MENGHINDARI OVERCLOCKING
Untuk sebagian orang, overclocking adalah sesuatu yang mudah dan aman. Namun bagi sebagian lainnya yang belum mengerti seluk beluk software dan hardware, kemungkinan kerusakan adalah sangat besar. Bahkan overclocking bisa mempengaruhi peningkatan suhu dengan ukuran yang sangat besar. Oleh sebab itu, jika Anda tidak tahu menahu mengenai overclocking atau tidak memelurkannya, maka tidak ada alasan untuk melakukannya.



6. MENGGUNAKAN WATER COOLING KIT
Dalam beberapa kasus, fan CPU sudah tidak bisa lagi diharapkan untuk mendinginkan mesin. Oleh sebab itu, sebagian orang memberikan terobosan untuk menggunakan pendingin internal yang biasa disebut Water Cooling Kit.

Water Cooling Kit ini nantinya disimpan di dalam CPU dan bentuknya seperti pompa berisi cairan. Pompa tersebut akan menyerap semua panas yang dihasilkan oleh komponen-komponen dan membuat ruangan mesin dalam keadaan benar-benar dingin.

Nah, itulah 6 cara agar komputer / laptop tidak cepat panas saat digunakan. Jika anda pengguna laptop sebaiknya jangan menggunakan Laptop secara berlebihan misalnya siang malam. Matikan laptop untuk beberapa saat setelah digunakan agar mesin kembali dingin. Lebih baik gunakan komputer Desktop (PC) saja jika ingin Online / mengoperasikan komputer dalam jangka lama, karena laptop tidak dibuat untuk digunakan secara fulltime 24 jam tanpa henti