Macam macam hardware komputer, penjelasan dan harga kisaran PC, Motherboar, Processor, VGA, Harddisk, DVD Drive, Printer, Scanner, Flashdisk, USB Modem, Mouse, Keyboard, LCD, Kabel, USB Joystick, dll

7 CARA MENGATASI LAPTOP / KOMPUTER LEMOT LAMBAT AGAR NORMAL

7 CARA MENGATASI LAPTOP / KOMPUTER LEMOT LAMBAT AGAR NORMAL


Advertisement
Advertisement
Laptop / Komputer lemot / lambat saat dipakai ? Baca tips mengatasi laptop / komputer lemot berikut ini. Memiliki komputer atau laptop yang berjalan lambat tentunya adalah sesuatu yang mengesalkan. Terlebih ketika saat membuka program-program penting untuk memenuhi kebutuhan. Namun jangan khawatir, beberapa cara mengatasi laptop atau komputer lemot di bawah ini mungkin dapat membantu Anda.

7  TIPS MENGATASI LAPTOP / KOMPUTER YANG LEMOT (LAMBAT)


Penyebab komputer dan laptop yang berjalan lambat memang bisa disebabkan oleh berbagai hal, bisa datang dari Hardware komputer maupun dari softwarenya, tetapi hal yang sering menjadi penyebab masalah tersebut adalah terlalu banyak aplikasi / software yang di Install sehingga membebani processor dalam bekerja sehingga menyebabkan komputer berjalan lamban. Namun ada juga faktor faktor lain yang mempengaruhi, agar lebih jelas simak 7 tips berikut

1. Uninstall program yang tidak terpakai

Semakin banyak program yang ada pada perangkat Anda, maka semakit lambat performanya. Oleh sebab itu, bersikaplah bijak dan hapus software yang tidak Anda butuhkan.

2. Upgrade hard drive

Semakin sesak memori penyimpanan Anda oleh banyak file, seperti gambar, video, software dan semacamnya akan membuat perangkat tersebut semakin lemot. Untuk menanggulanginya, Anda bisa meningkatkan ukuran hard drive tersebut.

3. Kurangi program start up

Ketika baru menghidupkan komputer atau laptop, ada beberapa aplikasi yang aktif dan berjalan secara otomatis. Program-program start up tersebut jika terlalu banyak akan membuat performa sistem menjadi sangat lambat. Oleh sebab itu, pilihlah program start up menurut prioritas dan kebutuhan saja.

4. Upgrade RAM

Menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan dapat menjadi salah satu penyebab laptop atau komputer Anda lambat. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa meningkatkan ukuran memori RAM. (PC)

5. Bersihkan dari debu

CPU yang terlalu banyak debu membuat aliran udara tersumbat. Hal tersebut menyebabkan CPU cepat panas dan mempengaruhi kinerja komputer itu sendiri. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk rutin membersihkan komponen-komponen hardware dari debu dan kotoran lainnya.

6. Bersihkan recycle bin

File yang tersimpan di recycle bin bisa sangat memberatkan memori perangkat Anda. Padahal kebanyakan dari file tersebut mungkin sudah benar-benar tidak terpakai. Oleh sebab itu, segera bersihkan sebelum komputer Anda berjalan lambat.

7. Hilangkan malware

Malware, baik itu virus maupun program jahat lainnya bisa menjadi faktor utama lambatnya performa komputer atau laptop Anda. Oleh sebab itu, lakukanlah pencegahan dengan menggunakan antivirus. Namun jika sudah terlanjur, Anda bisa berusaha untuk menghapusnya dengan beberapa program tambahan.

Kesimpulan :
Beberapa cara di atas bisa sangat efektif untuk mengembalikan kecepatan komputer Anda menjadi seperti baru lagi dan tentu saja untuk mengatasi laptop / komputer agar tidak lemot. Namun dalam beberapa keadaan, Anda mungkin butuh melakukan install ulang sistem operasi atau bahkan merubahnya menjadi OS yang bebas lemot (misalnya: Linux). Namun jika masih kurang cepat, cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah membeli perangkat baru yang memiliki spesifikasi lebih mempuni.