Macam macam hardware komputer, penjelasan dan harga kisaran PC, Motherboar, Processor, VGA, Harddisk, DVD Drive, Printer, Scanner, Flashdisk, USB Modem, Mouse, Keyboard, LCD, Kabel, USB Joystick, dll

APA ITU SCANNER ? TIPS MEMBELI SCANNER YANG BAIK

APA ITU SCANNER ? TIPS MEMBELI SCANNER YANG BAIK


Advertisement
Advertisement
Apa itu Scanner ? Scanner adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk memindai berbagai macam dokumen dan gambar. Bahkan dalam perkembangannya, saat ini sudah hadir scanner 3D yang dapat memindai benda-benda bervolume. Selain itu, scanner juga biasanya digunakan untuk mengirim surat dan foto fisik melalui digital.

Scanner juga dapat digunakan sebagai perangkat editor, dimana aplikasi scanner dapat memindai text yang kompatibel dengan editor, sehingga pengguna dapat meng-edit text atau tulisan secara langsung.


TIPS MEMBELI & MEMILIH SCANNER YANG BAIK


1. Jenis scanner
Di pasaran ada banyak sekali jenis-jenis scanner dan semua itu dibedakan pada fungsi dan bentuknya. Untuk scanner biasa yang sering digunakan oleh admin warnet dan pelajar, Anda bisa memilih Flatbed. Sedangkan untuk memindai foto, ada yang bernama photo scanner. Selain itu ada juga yang bernama handhled, sheetfed, slide dan drum scanners. Semua memiliki fungsinya masing-masing.

2. Fitur scanner
Dalam sebuah scanner, Anda akan menemukan berbagai fitur yang mendukung. Dari hal tersebut Kita bisa tahu mana scanner yang berkualitas dan memiliki banyak kelebihan dan mana yang tidak.

Setidaknya ada beberapa fitur menarik yang saat ini hadir di perangkat scanner modern. Diantaranya yang paling populer adalah Transparency Adapter yang biasa digunakan untuk memindai slide dan film serta Connectivity yang memungkinkan pengguna terhubung ke banyak device, seperti USB dan FireWire.

3. Resolusi
Memilih resolusi yang paling efisien adalah hal yang wajib. Beberapa dari Kita biasanya hanya membutuhkan scanner dengan resolusi standar, yaitu 300 ppi. Sedangkan untuk dokumen dan foto berkualitas tinggi, Anda bisa memilih resolusi yang lebih besar, yaitu 600 ppi.

4. Kedalaman warna
Jika Anda lebih sering memindah berkas dan gambar dengan campuran serta gradasi warna yang rumit, maka carilah scanner dengan color depth yang tinggi. Namun jika Anda hanya memindai dokumen hitam putih dan warna-warna dasar lainnya, maka scanner dengan kedalaman warna 48-bit sudah lebih dari cukup.

5. Bentuk, ukuran dan duplex
Jika Anda ingin membeli scanner yang mudah dibawa-bawa dan ringan, maka pilihlah scanner portable. Selain itu, jika Anda ingin memindai gambar atau berkas dalam keadaan depan dan belakang atau bolak-balik, maka scanner duplex adalah pilihan yang tepat.

Itulah informasi seputar apa itu Scanner serta tips membeli scanner yang baik. Scanner biasanya banyak kita jumpai di perkantoran, institusi pemerintahan / pendidikan, atau tempat tempat usaha percetakan dan fotocopy. Tetapi kini banyak pula pengguna komputer yang memiliki scanner pribadi.