Macam macam hardware komputer, penjelasan dan harga kisaran PC, Motherboar, Processor, VGA, Harddisk, DVD Drive, Printer, Scanner, Flashdisk, USB Modem, Mouse, Keyboard, LCD, Kabel, USB Joystick, dll

APA ITU SOUND CARD ? & TIPS CARA MEMILIH SOUNDCARD YANG BAIK

APA ITU SOUND CARD ? & TIPS CARA MEMILIH SOUNDCARD YANG BAIK


Advertisement
Advertisement
Apa itu Soundcard ? Soundcard adalah sebuah kartu ekspansi atau bisa juga disebut sirkuit terpadu (integrated circuit) yang membantu komputer untuk menghasilkan suatu suara yang nantinya dapat dirasakan atau lebih tepatnya didengarkan oleh pengguna. Soundcard akan menyalurkan suara tersebut melalui perantara, misalnya speaker ataupun headset.





Walaupun soundcard tidak selalu diperlukan oleh sebuah perangkat komputer, namun pihak vendor pasti menyediakannya dalam bentuk slot ekspansi maupun sudah terpasang di dalam motherboard. Tentunya soundcard khusus yang dipasang pada slot ekspansi jauh lebih baik dibandingkan yang tertanam di motherboard. Selain karena mudah untuk perakitan, hal tersebut juga membuat pengguna bisa menggantinya tanpa perlu membeli motherboard yang baru.

Cara Memilih Soundcard yang Baik


1. Merek Sound Card

Ada banyak merek soundcard yang hadir setiap tahunnya dan biasanya Mereka membawa kualitas serta fiturnya masing-masing. Sejauh ini, merek soundcard yang bisa bersaing dan dianggap kreatif di Asia adalah produk Asus.

2. Kinerja audio Sound Card

Untuk mengetahui kualitas audio yang dihasilkan oleh suatu perangkat soundcard, maka Anda harus mengetahui dahulu nilai SNR terbesarnya. SNR sendiri adalah singkatan dari Signal / Noise Ratio yang digunakan ukurannya untuk menilai DB suatu suara. Semakin berkualitas maka suara yang dihasilkan akan lebih jernih dan bebas distorsi.

3. Resolusi atau sample rate

Cara memilih soundcard yang baik selanjutnya adalah dengan memperhatikan sample rate-nya. Semakin tinggi maka semakin baik, karena sound card tersebut akan memiliki kecepatan yang cukup untuk mengurangi sinyak kontinyu ke sinyal diskrit. Anda dapat membeli resolusi yang standar, yaitu sebesar 24 bit / 192 kHz.

4. I/O Ports pada Sound Card

I/O ports atau input dan output port harus ada pada perangkat soundcard Anda. Biasanya I/O pada soundcard memiliki bentuk seperti adaptor yang berguna untuk mengkonversi port coaxial dan berhubungan dengan output digital. Meskipun tidak berdampak pada kualitas secara massive, namun port ini berhubungan dengan noise, karena dapat menjaga distorsi tetap rendah.

Kesimpulan

Jika berbicara perkembangan dan cara memilih soundcard yang baik, tentu akan sulit memilah mana yang pantas untuk dibeli. Namun jika Anda kebingungan dan memiliki badget berlebih, Asus Xonar STX adalah pilihan yang tidak muluk-muluk. Tapi ingat, harga dari soundcard Asus ini jika dibandingkan dengan merek lain cukup mahal, namun soal kualitas tidak perlu diragukan.