Macam macam hardware komputer, penjelasan dan harga kisaran PC, Motherboar, Processor, VGA, Harddisk, DVD Drive, Printer, Scanner, Flashdisk, USB Modem, Mouse, Keyboard, LCD, Kabel, USB Joystick, dll

CARA MEMILIH HEADSET / MICROPHONE YANG BAIK

CARA MEMILIH HEADSET / MICROPHONE YANG BAIK


Advertisement
Advertisement
Situs Hardware Komputer dot net kali ini akan membahas tentang cara memilih headset / microphone yang baik. Microphone, headset ataupun bisa disebut mic adalah sebuah perangkat keras yang hadir pada tahun 1877 oleh seseorang bernama Emile Berliner. Dengan perangkat ini, pengguna mampu untuk melakukan input audio dari sebuah komputer melalui penghubung port yang ada pada sound card.

Hingga saat ini sudah berkembang banyak sekali jenis-jenis microphone ataupun headset. Kebanyakan dari produk yang beredar menyuguhkan fitur-fitur khusus, seperti headset tanpa kabel alias melalui bluetooth atau Wi-Fi, maupun microphone dengan kualitas bantalan kuping yang nyaman.

Bagaimana Cara Memilih Microphone / Headsetyang Baik ?


Gambaran sederhananya, sebuah headset memiliki dua komponen penting, yaitu speaker dan mikrofon. Dengan kedua komponen tersebut seseorang bisa melakukan hal-hal yang berkaitan dengan audio visual, termasuk untuk bisnis maupun hiburan, seperti game dan bentuk audio lainnya.

Setiap headset memiliki perangkat hardware yang berbeda, tergantung apa merek, teknologi dan fungsi. Namun pada dasarnya sama, kecuali ada fitur khusus, seperti bluetooth, mp3 dan lain sebagainya.

Speakers

Speaker berada dekat dengan telinga atau ada jenis lain yang masuk ke dalam telinga. Nantinya speaker akan mengirimkan gelombang suara yang dihasilkan oleh suatu perangkat, entah itu komputer, ponsel, audio player dan perangkat sejenisnya.

Untuk memilih microphone atau headset yang baik, Anda perlu meneliti mengenai kualitas speaker. Cobalah terlebih dahulu headset yang akan dibeli dan perhatikan kejernihan, kehalusan dan respon frekuensi yang dihasilkan. Jika suara yang dihasilkan lembut dan memiliki distorsi yang kecil, maka sudah bisa Anda pastikan bahwa headset tersebut berkualitas dan layak dibeli.

Mikrofon

Headset mempunyai sebuah komponen bernama mikrofon yang fungsinya merubah suara Anda menjadi energi listrik, setelah itu menyalurkannya pada perangkat lain, seperti komputer dan ponsel. Selanjutnya perangkat tersebut akan menyimpannya dalam bentuk yang lain namun dengan hasil yang sama, yaitu suara.

Untuk memilih headset yang baik, maka komponen mikrofon haruslah berkualitas. Diantara ciri-ciri mikrofon berkualitas adalah memiliki sensitivitas yang baik dan akurasi yang tinggi. Dengan kualitas seperti itu, maka suara yang dihasilkan akan sangat jernih, meskipun Anda berbicara dengan suara yang pelan atau bibir yang jauh dari mikrofon tersebut.

Lapisan, desain dan konektor

Cara memilih headset atau microphone yang baik selanjutnya adalah dengan memperhatikan bentuk dan kualitas bagian eksternal. Headset yang baik harus memiliki lapisan (casing) yang kokoh dan tidak mudah pecah. Sedangkan untuk desain, dapat Anda pilah sendiri, yang terpenting nyaman dan tidak membuat Anda risih. Selain itu, konektor atau penghubung berupa tali atau kabelnya pun harus kuat dan tidak mudah putus.

Itulah cara memilih headset / microphone yang baik versi Hardwarekomputer.net. Semoga bermanfaat !