Macam macam hardware komputer, penjelasan dan harga kisaran PC, Motherboar, Processor, VGA, Harddisk, DVD Drive, Printer, Scanner, Flashdisk, USB Modem, Mouse, Keyboard, LCD, Kabel, USB Joystick, dll

PANDUAN CARA INSTALL OS WINDOWS DI KOMPUTER BARU (TUTORIAL)

PANDUAN CARA INSTALL OS WINDOWS DI KOMPUTER BARU (TUTORIAL)


Advertisement
Advertisement
Bagaimana cara install OS Windows di Komputer ? Windows adalah salah satu sistem operasi yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini untuk banyak perangkat komputer. Jika Anda memiliki komputer baru dan ingin melakukan install Windows OS versi berapa pun, tutorial cara install Windows di komputer baru pada pembahasan ini mungkin akan sangat membantu.

Dalam panduan cara install OS Windows berikut ada 1 langkah penting yang harus dilakukan yakni EDIT bios, setelh bios diedit anda langsung bisa memasang OS Windows di komputer Anda.

LANGKAH LANGKAH INSTALL OS WINDOWS


Langkah I : Edit BIOS


1. Hidupkan komputer sembari menekan tombol “DEL” berkali-kali. Anda akan dibawa ke bagian BIOS (Basic Input/ Output System).

2. Setelah masuk, Anda bisa melakukan cek RAM. Apakah ukurannya sama dengan apa yang Anda pasang. Jika mengalami masalah, maka perbaiki terlebih dahulu sebelum melakukan instalasi. Jika tidak ada informasi mengenai RAM di BIOS, coba cek pada bagian motherboard.

3. Pada BIOS, pilih konfigurasi SATA, lalu pilih AHCI. Jika OS yang akan Anda gunakan adalah Win XP, maka yang dipilih adalah IDE.

4. Lanjut ke menu Boot Order atau Boot Priority, lalu pastikan DVD drive adalah drive yang pertama pada daftar. Namun jika Anda ingin melakukan instalasi menggunakan flash drive, maka pilih USB drive.

Langkah 2: Install Windows


1. Siapkan DVD ataupun flash drive Windows OS yang kompatibel dengan komputer baru Anda. Anda juga bisa memilah terlebih dahulu mengenai bit standar yang tepat untuk komputer Anda, apakah 32-bit atau 64-bit. Sesuaikan dengan ukuran RAM agar pemakaian lebih nyaman.

2. Dalam tutorial ini Kita akan menggunakan DVD drive. Maka masukkan DVD ke slot, lalu restart perangkat. Anda akan dibawa masuk ke Windows installer. Lanjutkan dengan tekan tombol sembarang untuk melakukan boot dari CD.

3. Setelah load installer, Anda hanya perlu menekan tombol ‘Install Now”. Lalu akan muncul persyaratan dan sebagainya, pilih “Custom (advanced)”. Lanjutkan dengan memilih hard drive sebagai daftar utama, lalu klik partisi “Unallocated Space”. Lanjutkan dengan menekan tombol “Next”.

4. Dari sini Windows sudah mulai melakukan instalasi.

5. Jika Anda menggunakan drive yang pernah dipakai, maka melakukan format sangat disarankan. Anda bisa menekan partisi yang pernah dipakai tersebut, lalu lanjutkan dengan menekan "Drive options (advanced)” > “Format”.

6. Anda mungkin membutuhkan beberapa waktu hingga install Windows di komputer baru tersebut selesai. Installer akan memindahkan file OS ke bagian disk Anda, sembari ada reboot beberapa kali. Jika sudah selesai, komputer Anda akan melakukan startup dan tampilan Windows OS akan muncul dan siap digunakan. Begitulah cara install windows di komputer. Semoga bermanfaat.