Macam macam hardware komputer, penjelasan dan harga kisaran PC, Motherboar, Processor, VGA, Harddisk, DVD Drive, Printer, Scanner, Flashdisk, USB Modem, Mouse, Keyboard, LCD, Kabel, USB Joystick, dll

PENGERTIAN MOTHERBOARD & CARA MEMILIH MOTHERBOARD YANG BAIK

PENGERTIAN MOTHERBOARD & CARA MEMILIH MOTHERBOARD YANG BAIK


Advertisement
Advertisement
Motherboard adalah salah satu komponen penting yang ada di perangkat komputer. Secara rinci, motherboard adalah susunan fisik yang isinya adalah berupa sirkuit dasar dan komponen komputer. Nantinya komponen-komponen tersebut juga memiliki macam yang banyak dengan fungsi yang berbeda-beda, seperti microprocessor, memory, coprocessors, BIOS, expansion slot dan interconnecting circuitry. Selain itu, papan yang dicetak dengan sirkuit planar ini juga memiliki komponen-komponen tambahan yang dimasukan melalui slot ekspansi.

Pada dasarnya fungsi motherboard yang paling utama adalah sebagai stasiun penghubung antara perangkat keras (hardware) yang satu dengan yang lain. Contohnya adalah menghubungkan antara prosesor dengan memori RAM, harddisk dengan VGA, prosesor dengan DVD dan lain sebagainya.


CARA MEMILIH MOTHERBOARD YANG BAIK


1. Mengetahui Processor yang digunakan

Untuk memulai memilih motherboard yang baik, Anda harus mengetahui dahulu prosesor yang digunakan. Mengapa? Karena motherboard biasanya hanya bisa kompatibel pada pada satujenis prosesor saja.

Kita tahu bahwa prosesor yang saat ini paling banyak dipakai adalah Intel dan AMD. Anda bisa mengetahui prosesor apa yang digunakan pada komputer Anda, setelah itu baru memilih motherboard yang cocok. Selain itu, Anda tidak hanya harus mencocokan jenis atau merek dari prosesornya, namun juga soket yang dipakai. Setiap soket yang ada di motherboard harus sesuai dengan CPU yang digunakan.

2. Modul Memory

Ketika Anda ingin membeli motherboard, Anda harus tahu lebih dahulu apakah modul memori yang tersemat pada motherboard lama Anda akan kembali dipakai. Jika iya, maka Anda harus membeli motherboard baru yang cocok dengan modul memori tersebut.

Sejauh ini, memori modern dibangun dengan nama DDR 2 atau DDR 3. Sedangkan untuk DDR atau DDR 1 sudah sangat jarang digunakan. Selain itu, ciri-ciri dari model memori sendiri biasanya adalah berupa 4 lubang atau slot dan setiap modul memiliki kecepatan yang berbeda. Itu mengapa, banyak orang yang mempertahankan memori lamanya hanya karena masalah kecepatan.

3. Teliti Chipset

Salah satu komponen dari motherboard yang sangat-sangat penting adalah chipset. Lempengan permanen yang ada di motherboard ini memiliki fungsi yang sangat banyak, mulai dari mengontrol kecepatan bus, mengatur kecepatan memori (termasuk berimbas pada performa komputer), mengontrol RAID, surround sound, USB dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, jika Anda ingin memilih motherboard yang eksklusif dan tangguh, maka pilihlah chipset generasi terbaru.

4. Onboard networking dan video

Pilih onboard networking yang memiliki fitur konektivitas jaringan nirkabel. Sedangkan untuk onboard video, Anda harus pintar-pintar memilih video card yang terbaru. Banyak yang terkecoh akan hal ini. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh egois untuk melebihkan satu fitur di atas fitur lainnya. Usahakan untuk menyeimbangkan antara performa komputer nantinya dengan tampilan grafis. Selain itu, jika Anda ingin membeli motherboard khusus untuk gaming HD, maka graphic card ini benar-benar harus memiliki spesifikasi yang tinggi.

Itulah pengertian Motherboard & cara memilih Motherboard yang baik. Jadi sebelum memutuskan untuk mengganti atau membeli Motherboard pastikan dulu untuk mengecek komponen komponen yang berhubungan dengan motherboard seperti yang telah dijelaskan diatas. Sehinggan motherboard yang anda gunakan nantinya akan awet dan handal.