Macam macam hardware komputer, penjelasan dan harga kisaran PC, Motherboar, Processor, VGA, Harddisk, DVD Drive, Printer, Scanner, Flashdisk, USB Modem, Mouse, Keyboard, LCD, Kabel, USB Joystick, dll

PENGERTIAN POWER SUPPLY & CARA MEMILIH POWER SUPLY YANG BAIK

PENGERTIAN POWER SUPPLY & CARA MEMILIH POWER SUPLY YANG BAIK


Advertisement
Advertisement
Power supply adalah sebuah komponen pemasok arus listrik yang mengaliri setidaknya satu beban listrik. Selain itu power suply juga biasanya memiliki kemampuan untuk mengkonversi nilai daya litrik yang satu menjadi nilai daya listrik lainnya. Hal ini yang membedakan perangkat power supply dengan energi lain, seperti mekanik, matahari ataupun kimia ketika diubah menjadi energi listrik.

Pada perkembangannya, power supply kini dipakai oleh banyak perangkat untuk menjaga daya listrik memiliki nilai yang tepat ketika masuk ke dalam sebuah perangkat. Salah satu perangkat tersebut adalah komputer, dimana biasanya power supply berguna untuk mengubah arus AC ke DC. Port dari power supply tersebut biasa berada di belakang casing komputer atau CPU dan berdekatan dengan fan.

CARA MEMILIH POWER SUPPLY


Pilih merek Power Supply yang tepat

Merek sangat menentukan kualitas dari suatu perangkat power supply. Ketika Anda membeli sebuah power supply buatan Cina, maka merek menjadi masalah yang sangat krusial. Mengapa? Karena kebanyakan produk yang mereka buat itu sejenis, yang berbeda hanya labelnya saja. Namun begitu, masih ada beberapa merek buatan produsen Cina yang sudah terkenal di pasaran, seperti Antec dan PC Power & Coolling.

Perhatikan kapasitas Power Supply

Efisiensi kapasitas power supply adalah hal yang baik. Ketika Anda hanya membutuhkan daya sebesar 250W, maka Anda bisa membeli power supply dengan daya sedikit lebih tinggi, yaitu 450W. Namun jika badget Anda mencukupi, membeli daya yang lebih besar adalah pilihan yang lebih baik. Hal tersebut karena semakin tinggi kapasitasnya, maka akan lebih dingin keadaan power supply tersebut.

Selain itu, membeli power supply dengan kapasitas yang besarnya jauh dari kebutuhan dapat menjadi antisipasi jika nantinya Anda ingin melakukan upgrade video card ataupun prosesor yang membutuhkan asupan listrik lebih besar. Untuk lebih jelas, Anda bisa berpatokan pada kebutuhan sistem di bawah ini.

1. Sistem dasar

RAM 256 hingga 512 MB, video terpasang, 1 hard drive, 1 optical drive, tanpa atau 1 kartu ekspansi membutuhkan power supply sekitar 300W.

2. Sistem mainstream

Prosesor kualitas midrange, RAM 512 hingga 1 GB, adapter video berkualitas midrange, 1 atau 2 hard drive, 1 atau 2 optical drive, 1 atau 2 kartu ekspansi membutuhkan power supply sekitar 400 W.

3. Sistem dengan kinerja tinggi

Prosesor berkecepatan tinggi dengan RAM 1 GB ke atas, 1 atau 2 adapter, video dengan kecepatan tinggi, 2 atau lebih hard drive, 2 atau lebih optical drive, lebih dari 2 kartu ekspansi membutuhkan power supply dengan catu daya lebih dari 500W.

Itulah pengertian dan cara memilih power supply yang baik. Semoga bermanfaat.