Macam macam hardware komputer, penjelasan dan harga kisaran PC, Motherboar, Processor, VGA, Harddisk, DVD Drive, Printer, Scanner, Flashdisk, USB Modem, Mouse, Keyboard, LCD, Kabel, USB Joystick, dll

TIPS CARA MEMILIH SPEAKER YANG BAIK

TIPS CARA MEMILIH SPEAKER YANG BAIK


Advertisement
Advertisement
Cara memilih Speaker yang Baik - Speaker adalah sebuah perangkat keras yang berguna sebagai output suara dari komputer atau lebih rincinya adalah output dari komponen soundcard. Biasanya speaker digunakan untuk kebutuhan multimedia dan permainan. Selain itu, dalam perkembangannya speaker sudah merambah ke dalam banyak sekali perangkat. Bukan hanya komputer, namun hampir semua barang elektronik yang bersuara menggunakan teknologi dari speaker.

Jenis-jenis speaker pun saat ini sudah semakin berkembang dan cenderung berfokus pada efisiensi, kualitas dan ukuran. Selain itu, perusahaan yang membuat perangkat speaker juga menggeliat dengan grafik yang baik. Bahkan Anda akan melihat mulai munculnya merek-merek speaker buatan Indonesia.

Cara Memilih Speaker yang Baik


1. Ukuran
Untuk memilih speaker yang baik, tentunya ukuran sangat penting. Ketika Anda ingin membeli sebuah speaker, maka perhatikan dahulu untuk apa speaker tersebut dipakai, bagaimana ukurannya, berapa besar frekuensinya dan berapa jumlahnya. Semua itu termasuk dari ukuran, karena frekuensi suara yang dihasilkan oleh speaker biasanya berkaitan dengan ukuran. Semakin besar maka volume suara maksimal yang dihasilkan akan semakin besar pula.

Anda juga harus memilih, apakah speaker yang akan dibeli memiliki jumlah lebih dari satu atau tidak. Jika Anda ingin membeli speaker untuk komputer, maka dua buah sudah lebih dari cukup. Sedangkan untuk perangkat lain, seperti home theater dan dvd player, mengambil lebih dari dua speaker adalah pilihan yang tepat.

Ukuran speaker juga berpengaruh dengan jangkauan suara. Sehingga jika Anda ingin menempatkannya pada jarak yang jauh, gunakanlah speaker berukuran lebih besar dari standarnya.

2. Suara
Cara memilih speaker yang baik selanjutnya adalah dengan memperhatikan output suara yang dihasilkan. Anda bisa meminta pada penjual dari speaker itu untuk melakukan testing terlebih dahulu. Jikalau suara yang dihasilkan terdengar halus dan tanpa ada getaran ataupun distorsi yang berarti, maka speaker tersebut sudah cukup layak untuk dibeli.

3. Kualitas dan desain
Dalam membeli barang elektronik, termasuk speaker, anggaran adalah hal yang penting. Oleh sebab itu, kualitas lebih baik mengikuti badget yang Anda miliki. Namun jika anggaran Anda untuk membeli perangkat ini tidak terbatas, maka Anda akan bisa lebih leluasa dalam memilih.

Kualitas sendiri tidak selalu pada bagian internal atau mesin, baik itu kejernihan suara yang dihasilkan, rendah tingginya distorsi maupun tingkat frekuensi. Namun kualitas juga berhubungan dengan masalah eksternal, seperti ketahanan casing, kabel, port maupun bahan dari mesin itu sendiri. Jadi, Anda bisa rasakan terlebih dahulu, apakah casingnya mudah rusak atau tidak. Jangan lupa juga untuk menyentuh kabelnya, apakah tipis dan mudah putus atau kokoh.