Macam macam hardware komputer, penjelasan dan harga kisaran PC, Motherboar, Processor, VGA, Harddisk, DVD Drive, Printer, Scanner, Flashdisk, USB Modem, Mouse, Keyboard, LCD, Kabel, USB Joystick, dll

CARA MERUBAH HARDDISK INTERNAL MENJADI USB HDD EKSTERNAL (HARDDISKPORTABLE)

CARA MERUBAH HARDDISK INTERNAL MENJADI USB HDD EKSTERNAL (HARDDISKPORTABLE)


Advertisement
Advertisement
Bagaimana cara merubah Harddisk Internal menjadi HDD Eksternal atau Harddisk Portable yang bisa dihubungkan via kabel USB ? Bila memiliki Harddisk Komputer yang tak terpakai namun masih berfungsi dengan baik (tidak rusak), anda bisa memanfaatkannya menjadi Harddisk Eksternal, yaitu sebuah media penyimpanan portable seperti flashdisk atau Harddisk Portable yang bisa dihubungkan ke komputer atau perangkat game (misal PlayStation 3).

Proses pengubahan harddisk internal menjadi eksternal / harddisk portable ini tidak sesulit yang dibayangkan, kita hanya membutuhkan sebuah alat penghubung data yang bernama USB 2.0 to SATA IDE Cable atau kabel USB to SATA IDE.


Selain untuk merubah HDD Internal menjadi Eksternal kabel ini juga bisa digunakan untuk mengubah Drive CD / DVD RW yang sebelumnya internal menjadi Eksternal. Tentu saja ini sangat memudahkan bagi anda yang hanya memiliki perangkat notebook / ultrabok namun ingin menonton film dari kepingan DVD karena dengan kabel ini kita bisa menghubungkan CD / DVD RW ke notebook lewat USB.

CARA MENGGUNAKAN HARDDISK INTERNAL UNTUK MEDIA PENYIMPANAN USB


1.Pertama-tama pastikan anda sudah memiliki kabel USB 2.0 to SATA IDE, dan juga Harddisk Internal yang akan digunakan.

2. Hubungkan kabel tersebut ke HDD Internal.

3. Terakhir, Harddisk Internal sudah bisa digunakan sebagai HDD Portable, caranya cukung langsung Colokkan kabel USBnya ke port USB yang ada di Komputer(CPU) / Laptop.



Harddisk Internal sendiri ada bermacam macam misalnya tipe 2,5” HDD dan juga 3,5” HDD. Perbedaan antara kedua Harddisk ini biasanya membutuhkan daya listrik tambahan untuk yang 3,5” (SATA3) sehingga memerlukan adaptor, namun untuk yang 2,5” tidak memerlukan adaptor untuk menggunakannya seperti pada gambar diatas.

Agar lebih mudah difahami berikut ini adalah gambar gambar contoh cara penggunaan 3,5” Harddisk, dan juga untuk CD / DVD RW :

Harddisk Internal 3,5 :



DVD Drive :



Itulah cara merubah Harddisk Internal menjadi Eksternal (Harddisk Portable). Kabel USB 2.0 to SATA IDE ini bisa didapatkan di took took computer atau Aksesoris PC dengan harga yang cukup murah antara Rp.35.000 hingga Rp.60.000 tergantung kualitas. Kabel penghubung adaptor ke Harddisk biasanya juga sudah termasuk dalam paket penjualan.