Macam macam hardware komputer, penjelasan dan harga kisaran PC, Motherboar, Processor, VGA, Harddisk, DVD Drive, Printer, Scanner, Flashdisk, USB Modem, Mouse, Keyboard, LCD, Kabel, USB Joystick, dll

CARA MENGATASI PESAN D-SUB NO SIGNAL PADA MONITOR PC

CARA MENGATASI PESAN D-SUB NO SIGNAL PADA MONITOR PC


Advertisement
Advertisement
Kenapa ada tulisan D-Sub No Signal Entering the Power Saving Mode Shortly pada Monitor PC ? Apakah kamu pernah mengalami hal demikian ? Beberapa waktu lalu saya menemukan sebuah pesan tersebut pada Monitor LG saya (kebetulan pakai LG) setelah coba menyalakan komputer yang sudah lama tak saya pakai, akibatnya PC tidak bisa beroperasi seperti biasanya karena antara CPU dan Monitor tidak saling terkoneksi walaupun sudah dihubungkan dengan kabel VGA.


Penyebab dari D-Sub No Signal karena CPU tidak terhubung ke layar monitor sebenarnya ada beberapa hal, namun yang paling sering dijumpai adalah masalah RAM. RAM Komputer yang kotor, lepas atau bergeser dari tempatnya di Motherboard bisa menyebabkan CPU miss koneksi ke monitor. Jadi langkah awal yang harus kamu periksa adalah RAM. Bersihkanlah bila kotor, juga pastikan posisi RAM tepat pada tempatnya, kamu bisa juga menukar posisi slot RAM ke slot satunya jika diperlukan

Apabila dirasa RAM tidak ada masalah namun masih muncul D-Sub No Signal, coba periksa kabel VGAnya, bisa jadi kabel VGAnya lah yang bermasalah, kamu bisa mencoba kabel VGA  ke komputer lain, jika pada komputer lain terdapat pesan D-Sub No Signal juga, berarti kabel VGAnya memang perlu diganti.

Begitulah solusi D-Sub No Signal pada monitor komputer, selain kedua masalah diatas mungkin saja pesan error terjadi karena adalah salah satu komponen / Hardware komputer yang kotor atau bahkan rusak. Untuk hal ini, mau tak mau kamu harus memeriksa satu persatu.