Macam macam hardware komputer, penjelasan dan harga kisaran PC, Motherboar, Processor, VGA, Harddisk, DVD Drive, Printer, Scanner, Flashdisk, USB Modem, Mouse, Keyboard, LCD, Kabel, USB Joystick, dll

CARA TES PSU / POWER SUPPLY PC MASIH BERFUNGSI ATAU TIDAK TANPA CPU

CARA TES PSU / POWER SUPPLY PC MASIH BERFUNGSI ATAU TIDAK TANPA CPU


Advertisement
Advertisement
Bagaimana cara tes Power Supply pada CPU untuk mengetahui rusak atau tidaknya komputer tersebut ? Power Supply biasa disebut dengan PSU adalah sebuah hardware komputer yang berfungsi sebagai penyuplai / pemberi arus listrik kesemua komponen komputer seperti Motherboard, Harddisk, DVD RW, dan lain lain. Arus listrik yang masuk ke PSU merupakan arus listrik AC, namun dengan kelebihan PSU ini, arus akan dirubah menjadi DC.

Jika komponen PSU ini rusak maka CPU tentu saja tak akan bisa menyala. Untuk kasus kasus tertentu, misalkan CPU mati total atau saat PC / CPU dihubungkan ke arus listrik kemudian listriknya konslet, maka kemungkinan besar yang bermasalah adalah bagian PSUnya. Jika anda mendapati CPU tak mau nyala atau listrik mati / konslet saat menghidupkan komputer, maka langkah pertama cobalah untuk mengecek keadaan si Power Supply tersebut.

CARA CEK KONDISI POWER SUPPLY DI CPU


1. Lepaskan komponen Power Supply dari Casing CPU, atau jika kesulitan cukup lepas kabel kabelnya saja.

2. Siapkan sebuah kabel tembaga yang masih bagus dan bisa untuk mengalirkan listrik. Panjang kabel secukupnya saja (pendek juga bisa)

3. Sekarang masukkan ujung kabel tembaga tersebut ke lubang kabel berwarna hijau di Power Supply, kemudian ujung kabel yang satunya masukkan ke lubang kabel warna hitam di PSU (bisa dimana saja, asal warnanya hitam karena ada banyak kabel warna hitam)


4. Kemudian pasang konektor (colokan) ke Power Supply lalu hubungkan ke arus listrik.

5. On-kan tombol saklar pada power supply, jika kipas masih bisa berputar, maka power supply masih bisa digunakan (walaupun mungkin kondisinya tak 100% bagus).

6. Jika kipas mati, maka power supplynya yang memang bermasalah. Anda bisa memperbaikinya sendiri (jika bisa), atau bawa ke tukang servis.

Itulah cara memeriksa kondisi power supply pada komputer untuk mengetahui kondisi power supply masih bisa digunakan atau tidak. Power Supply bawaan Casing biasanya memang tak berumur lama. Jika anda memiliki dana lebih, maka sebaiknya belilah Power Supply yang baru dan bermerk. Untuk Power Supply, merk menentukan kualitas.